cara membuat laman statis

Membuat Halaman Utama Statis di Blogspot - Blogger

Sebagai penyedia layanan blog gratis Blogspot - Blogger.com tidak diragukan lagi kehandalannya baik dari segi fitur yang semakin lengkap juga dari penggunaannya yang mudah. Karena sifatnya yang dinamis, halaman utama blog dengan subdomain blogspot akan selalu berubah (update) sesuai dengan update artikel yang diposting.
Tetapi bila sobat ingin membuat halaman utama statis dengan Blogspot, maka hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur redirect yang dimiliki Blogger.com

Untuk membuat halaman utama statis di Blogspot -blogger adalah dengan melakukan redirect halaman utama ke halaman statis (page) yang sebelumnya telah kita buat. Istimewanya kita akan tetap bisa mengupdate artikel dan memunculkan artikel yang telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan link index blogspot.

Bila sobat tertarik membuat web dengan halaman utama statis dari blogger ikuti langkah-langkah berikut.

1. Langkah pertama buat halaman statis (page) berisi konten yang akan selalu menjadi halaman utama. Klik  Laman / Page  >> Laman Baru / New Page >> Laman Kosong / Blank Page  di Dashbord Blogger Blog sobat. Silahkan buat konten yang akan dibuat sebagai halaman utama.

Bila sudah maka Laman/page statis yang baru akan muncul di bawah Page default bawaan Blogger (Beranda). Sebagai contoh saya membuat Page Statis baru dengan Title "Halaman Utama" anda bisa membuat title sesuai yang Anda inginkan.



2. Kemudian langkah kedua adalah melakukan Setting (Penyetelan) di Blog Anda agar Halaman utama melakukan redirect menuju Laman/Page yang baru kita buat tadi di atas.  Untuk masuk ke fitur itu Klik Setelan / Setting >> Preferensi Penulusuran / Search Preferences di Dashboard Blogger. Lalu klik edit pada bagian  "Pengalihan Khusus" (Custom Redirects).

Ada dua kolom yang harus di isi  Pada kolom pertama  (Dari)  di isi dengan kode "/" (garis miring tanpa tada kutip).  Dan kolom kedua (Kepada) di isi dengan URL Laman/Page Statis yang kita buat di atas. Dalam hal ini saya isi sesuai dengan URL page statis yang saya buat tadi  yaitu "/p/halaman-utama.html" (tanpa tanda kutip).  Bila telah di isi maka Save dengan mengklik tombol  "Simpan" dan "Simpan Perubahan"

3. Sekarang cek blog yang sobat miliki. Bila mengisi dengan benar maka halaman utama akan selalu dialihkan menuju laman/page statis yang telah dibuat sebelumnya.
Bila sobat tidak suka dengan tampilan Navigasi Tab yang memiliki dua link  halaman utama ( Beranda dan Halaman Utama ) maka masalah ini bisa di atasi dengan melakukan setting Pada bagian Tata Letak /Lay Out. Dan cari Plugin dimana Navigasi Tab Berada kemudian hilangkan tanda centang salah satu page yang tidak ingin ditampilkan di Navigasi Tab. Sebagai contoh di gambar saya menghil;ankan tanda centang page "Halaman utama" agar tidak ditampilkan di Nav Tab.
Bila ingin menampilkan halaman artikel yang sudah di update, maka cukup dengan menambahkan /index.html pada URL Blog. Misalnya http://namablog.blogspot.com/index.html.  Link ini bisa dimasukan  dengan membuat Laman / Page seperti pada cara bagian no 1 di atas, tetapi mengambil bagian "Alamat Web" bukan "Laman Kosong".   Sebagai contoh saya membuat laman/page dengan title "Artikel Blog"
Tampilan akhir blog yang sudah di modifikasi Nav Tabnya akan terlihat seperti ini.
Selamat Mencoba :)
Warning:  Cara ini memiliki kekurangan yang belum bisa diatasi, halaman Blogger yang di redirect biasanya hanya menampilkan halaman kosong (blank page) bila di akses melalui mobile browser seperti Opera Mini dan sejenisnya.

0 Response to "cara membuat laman statis "

Posting Komentar

saya ingin komentar anda dengan kata-kata yg
bijak sana dan gak ada kata kotor di komentar